Dibutuhkan Teknisi Komputer Segera Kirim CV ke scs.bali@gmail.com

Cara Backup Email Pada Aplikasi Thunderbird

Kesempatan kali ini Saya akan berbagi  bagaimana cara untuk membackup email sekaligus email akun dan konfigurasinya pada aplikasi email client thunderbird. Mungkin tips ini sudah banyak di postingkan teman-teman blogger dan di share di internet dan kebetulan saya dapat tips nya dari blog teman andreyeko, tapi apa salahnya kalau Saya tulis di blog Saya juga, selain buat arsip atau catatan pribadi untuk melengkapi informasi di blog Saya juga hehe... kbetulan Saya juga lagi ada kerjaan backup email thunderbird. Ok kalau begitu kita langsung saja ya pada tutorial tips nya, silahkan disimak....




  • Copy  folder profile Thunderbird dari PC lama. Tiap OS mempunyai lokasi yang berbeda. Boleh 1 folder Profiles atau folder yang bernama hurufaneh.default yang berada di dalam folder Profiles. Berikut lokasi file Profile Thunderbird dari tiga OS yang berbeda.
    * Windows XP : C:\Documents and Settings\[userName]\Application Data\Thunderbird\Profiles
    * Windows Vista atau Windows 7 : C:\Users\[userName]\AppData\Roaming\Thunderbird\Profiles
    * Ubuntu : /home/[userName]/.thunderbird/Profiles
  • Copas folder tersebut di PC baru. Lokasinya terserah anda, bisa dilokasi yang sama, atau lokasi lain. Kalau saya sendiri biasanya akan paste di partisi lain, karena memudahkan proses backup jika seandainya saya harus format ulang. dalam contoh saya, folder tersebut saya paste di D:\email
  • Setelah selesai paste folder tersebut, buka file “profiles.ini” yang berada di folder thunderbird di PC baru menggunakan notepad. lokasi file ini berada di :
    * Windows XP : C:\Documents and Settings\[userName]\Application Data\Thunderbird
    * Windows Vista atau Windows 7 : C:\Users\[userName]\AppData\Roaming\Thunderbird
    * Ubuntu : /home/[userName]/.thunderbird
  • File tersebut berisi tulisan sebagai berikut
    [General]
    StartWithLastProfile=1

    [Profile0]
    Name=default
    IsRelative=1
    Path=Profiles/q4w1stw4.default
  • Ganti nilai ‘IsRelative’ dari ’1′ menjadi ’0′ dan ganti alamat Path menjadi lokasi folder Profiles tersebut. Dalam kasus saya berada di D:\email
    [General]
    StartWithLastProfile=1

    [Profile0]
    Name=default
    IsRelative=0
    Path=D:/email/Profiles/[huruf aneh sesuai dengan nama folder yang dicopy].default
  • Begitu anda membuka Thunderbird, anda akan melihat email-email, address book, bahkan account email anda sama seperti di PC lama
Selamat Mencoba.... Semoga bermanfaat...

 Source :  andreyeko

Artikel Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...